Inikah Manfaat Serta Kerugian atas Budidaya Ikan

Saat kita menjalan suatu bisnis kita pasti mengalami suatu manfaat atau bahkan suatu kerugian selama berlangsungnya bisnis yang kita jalankan . Disini kita akan membahas manfaat dan kerugian dari budidaya ikan , karena banyak sudah kita jumpai orang orang yang memilih bisnis ikan , mulai dari ikan lele , ikan gurame dan masih banyak ikan jenis lainnya yang mereka dibudidayakan dan dijadikan bisnis .

Manfaat dan Kerugian Budidaya Ikan

Budidaya ikan ini dianggap sebagai proses industri memelihara , menyimpan dan pembiakan spesies laut yang hidup di air tawar maupun di asin atau laut. Bisa kita lihat begitu banyak spesies berbeda yaitu kerang , telur ikan dan sayuran laut. Yang bisa dijadikan tujuan untuk konsumsi komersial .

Budidaya Agen Sbobet terbagi menjadi 2 jenis yaitu air tawar dan air laut . Dengan spesies beda ini masuk pada golongan kerang , tumbuhan , moluska , krustasea , sayuran laut dan telur ikan . 

Dan yang berkaitan pada spesies penghasil biasanya hidup pada kolam , sungai , dan danau , contohnya seperti ikan lele  atau nila . Namun ada juga bentuk budidaya dengan tujuan lain , seperti untuk merestorasi stok ikan dan kerang  agar bisa berkembang biak , dan bisa kembali mengisi populasi pada alam liar . 

Disini kita akan membahas manfaat dan kerugian apa saja sih yang kita dapat saat melakukan budidaya ikan .

Manfaat Budidaya Ikan

Dari menjalankan sebuah budidaya ikan pasti kita akan mendapat suatu manfaat yang bisa kita terima dan rasa , berikut beberapa manfaat yang bisa kita temui saat menjalankan budidaya ikan :

1 . Sumber Makanan Manusia dan Spesies Laut

Dengan ada nya pendukung budidaya ikan mereka memiliki pendapat bahwa praktek ini adalah solusi yang efektif untuk bisa memenuhi permintaan makanan laut atau spesies ikan lain yang meningkat . Budidaya ini menjadikan konsumen terjamin akan ketersediaan makanan secara terus .

Bukan cuma itu , ini bisa menjadi suatu sumber bagi perusahaan makanan atau restoran yang menghidangkan makanan laut seperti ikan , kerang , dan udang . Dan beberapa spesies ikan juga bisa dibudidayakan dan dijadikan pakan bagi spesies ikan karnivora . 

2. Bisa Menjadi Sumber Pendapatan

Selain para pendukung budidaya memiliki pendapat praktek ini adalah solusi terbaik , mereka juga berpendapat dan mengklaim metode ini bisa dijadikan sebagai mata pencaharian bagi seorang nelayan dan orang lain yang membutuh kan pekerjaan .

Ada bermacam proses yang dilakukan oleh produsen ikan , mereka bisa menggunakan tangki ikan atau keramba yang akan mereka taruh atau tempatkan di tengah laut untuk membudidayakan ikan . Bahkan ada juga produsen ikan yang berkembang biak dikolam dan keramba di danau .

3. Memberikan Fleksibilitas

Budidaya laut , menggunakan tangki dapat dibangun dan ditempatkan di dasar laut dan dibiarkan tergantung dari kolom itu sendiri. Tapi untuk yang budidaya air tawar tangki dan keramba bisa dibangun di darat atau di danau, seperti sungai dan kolam buatan .

4. Membantu Mengatasi Masalah Sampah

Dengan melakukan budidaya ini , bisa mensirkulasi ulang sistem budidaya yang sangat membantu untuk mengurangi , mendaur ulang bahan limbah yang sehat , dan memanfaatkannya kembali . Ini tidak hanya untuk spesies ikan yang dibudidayakan melainkan juga baik untuk lingkungan kita .

Kerugian Budidaya Ikan

Adapun kerugian yang kita dapatkan saat menjalankan budidaya ikan , tapi apa sih kerugian yang kita dapat :

  1. Banyaknya Spesies Invasif

Banyak yang mengkritik budidaya mengatakan walaupun ada niat baik membudidayakan ikan untuk konsumsi atau meningkatkan populasi ikan , ini juga dapat disebabkan peningkatan populasi spesies invasif yang bisa dibilang berbahaya untuk spesies laut yang lain . 

  1. Ancaman Terhadap Ekosistem Pesisir

Penentang praktek budidaya memiliki pendapat metode ini tidaklah membantu mendaur ulang limbah tapi malah jadi penyebabnya , Contohnya budidaya ikan salmon di perairan pantai yang masih asli banyak dilakukan . Ini mengakibatkan pencemaran badan air karena limbah ikan salmon yang dibuang pada lingkungan perairan . 

  1. Mencemari Air dan Mengancam Kesehatan

Bagi orang yang tidak menyukai budidaya atau memakan ikan yang diproses melalui metode ini , menyampaikan tambak ikan dasarnya dibangun di perairan yang berada dimana saja , ini menjadi kontaminasi air lebih tinggi dan produk limbah dari ikan bisa tertinggal di air laut yang terkadang atau mungkin digunakan untuk minum oleh masyarakat sekitar yang kurang mampu .

Dari limbah yang masuk pada sistem air bahkan dapat mencemari air minum di berbagai rumah , yang menjadi masalah kesehatan. Kritik ini mengatakan produsen ikan bisa gunakan antibiotik atau suplemen buatan agar mempercepat pertumbuhan ikan .

Tidak hanya itu , makanan ikan bisa terkontaminasi pestisida atau bahan kimia yang ada di pakan . Ini juga dapat berpengaruh dengan orang yang membeli produk ikan dan dibudidayakan secara komersial . 

  1. Mempengaruhi Populasi Ikan Liar

 Hal lain yang merugikan dari praktek budidaya ikan yaitu saat memberikan makan ikan salmon , ikan liar yang jadi sasaran untuk diberi pada salmon . Dan ikan liar yang dibutuhkan tidak dengan jumlah yang sedikit namun dengan jumlah ikan liar yang cukup besar . untuk diberi makan kepada 1 ikan salmon . 

Dan dampak dari budidaya ikan ini membuat kurang nya pasokan ikan liar yang mengakibatkan populasi kelangsungan biota laut .

  1. Dampak Terhadap Lingkungan

Selain dampak nya kepada ikan liar , dengan budidaya juga bisa berdampak pada lingkungan , kenapa bisa . Yah skeptis budidaya sangat prihatin ada nya perubahan habitat yang dilakukan untuk membangun sebuah tangki dan keramba ikan .

Dari sini kita bisa liat di beberapa kawasan hutan bakau pada bagian asia seperti China atau Vietnam , kawasan tersebut telah terganggu karena memberi jalan kepada tambak ikan dan kepada jenis industri lainnya .

Rusaknya hutan bakau ini , tidak ada penyangga pada dampak bencana alam . Dan bila terjadi , korban jiwa dan kerusakan harta benda bisa terjadi saat terus menerusnya siklon dan angin topan . 

Budidaya akan terus menerus populer pada banyak negara , apalagi pada negara yang meningkatnya permintaan produk ikan komersial . Walaupun kita sudah ketahui bahwa ada kerugian atau kekurangan industri ini , juga perkembangan mengurangi timbulnya kekhawatiran pada budidaya perikanan .