Bisnis Budidaya Lobster Air Tawar ~ 1

Kalian pasti tahu dong mengenai hewan yang satu ini. sekilas si memang seperti Udang namun, ini bukan udang yang kecil dan biasa kita konsumsi untuk sehari-harinya. Dikarenakan, Lobster ini sendiri memiliki nilai jual yang mahal dan juga memiliki adanya daging yang banyak dan lebih tebal dari udang biasanya. Makannya, banyak yang bilang juga bahwasannya Udang Besar atau Lobster Air Tawar ini sendiri menjadi salahs atu produk unggulan dari berbagai rumah makan seafood yang ada di Indonesia ataupun berada di negara lainnya juga.

Salah satu contoh dari bisnis pembudidayaan Lobster Air Tawar

Tapi, apa kalian tahu kapan Lobster Air Tawar ini mulai terkenal di negara Indonesia ?.. nah, untuk pengetahuan dasar saja mengenai munculnya di Indonesia ini sejak tahun 2002 silam yang dimana, lobster air tawar ini sedang berkembang dengan baik untuk mengatasi yang namanya tinggi peminat lobster air asin yang susah untuk bisa ditemukan dan hingga kini Lobster ini menjadi salah satu masakan yang paling di cari di beberapa restoran ternama di Jakarta dengan kualitas dari si Lobster yang masih fresh dan juga memiliki daging yang segar saat pengolahannya.

Asal Muasal Lobster Air Tawar Sampai Di Indonesia

Untuk asalnya sendiri, diawali langsung dari adanya sebuah lobster yang memang sudah di ketahui bahwasannya sebagai hewan konsumsi yang hanyalah Lobster Air laut saja dan itu semua karena alasan memiliki daging yang enak, manis, serta gurih untuk setiap dagingnya. Untuk bisa sampai terkenal pun, tidak cukup memakan waktu kok. Dan hal inilah yang langsung diambil sebagai peluang bagi para pebisnis Seafood untuk mendorong dalam penjualan Lobster menjadi makanan yang sangatlah mahal.

Dikarenakan lobster air laut ini susah untuk pembudidayaannya. Dan memanglah masih sedikit sekali. Dari situlah di buatnya pembudidayaan pada lobster air tawar secara luas yang membuatr di sukai oleh para pecinta lobster ini sendiri di karenakan memiliki rasa yang tidaklah jauh berbeda dari si daging Lobster Air Laut ini.

Mengintip Kelebihan Dari Lobster Air Tawar Ini

Sudah pasti, adanya pembudidayaan akan ada juga keunggulannya seperti halnya :

  • Dagingnya sendiri memiliki tekstur kenyal walau nantinya kalian masak tidak menambahkan bumbu apapun juga masih terasa nikmat.
  • Mudah sekali dalam pembudidayaannya dengan menggunakan persediaan alat semacam, Kolam Semen, ada juga yang menggunakan akuarium, ataupun penggunaan dari kolam terpal.
  • Harga jualnya juga terbilang stabil di dalam dunia pemasaran ini. jadinya sangat menjanjikan jika kalian lakukan pembudidayaan pada hewan yang satu ini.

Adapun jenis lobster yang bisa kalian budidayakan anntinya dirumah kalian masing-masing. Yakni, jenisnya terbagi atas 3 Spesies lobster yang sudah umum dikembangbiakkan secara ekonomis seperti Lobster Air Tawar Capit Merah, Ada juga jenis Lobster Yabby, dan terakhir Lobster Maron.

Mencari Tahu Target Pemasaran Utamanya

Siapa si yang menjadi incaran para pembudidaya lobster air tawar yang satu ini ?.. yap, tentu saja dong dalam pembudidayaan lobster air tawar ini pun para Lestoran atau Restoran Seafood di daeah manapun itu.

Umumnya juga para penjual ini akan memberikan penjualan kuliner dengan satu porsi terdiri dari 2 ekor lobster dengan harganya mulai dari 50k sampai pada 60k. Dan kadang pun ada yang menghitung berdasarakan ukuran dari si Lobster itu sendiri ya guys.

Selain itu, ada juga target psaran lainnya yakni semacam pasar Tradisional, lalu hotel-hotel, serta adanya para pengepul lobster. Dan tidak ada salahnya jika kalian menjualnya kepada npara petani yang kemungkinan akan di lakukannya pengimpor dan eksporan tergantung wilayah mana yang di cangkup oleh para produsen tersebut. dan harganya juga cukup mahal, karena ada yang menjual untuk satu kilonya seharaga 150 sampai 250 ribu untuk perkilonya.

Cara Pembudidayaannya Dengan Benar

Untuk bisa menghasilkan sebuah keuntungan. Maka, kalian bisa menerapkan mengenai pembudidayaan dari Lobster Air Tawar ini sendiri dengan cara seperti :

~ Ketahui Lokasi Dari Pembudidayaan Lobster Air Tawar Ini

Mengenai pembudidayaan ini sebenarnya, tidak memiliki sebuah batasan atas lebar dari kolam penangkaran yang nantinya kaan kalian gunakan pada pembudidayaannya. Karena, pada dasarnya Lobster Air Tawar ini bisa hidup dalam kolam selama jangkauan tersebut masih pas bagi si Lobster. Namun, jika kalian ingin tepat lagi. Bisa kok dengan cara kalian memaksimalkan kolam yang cukuplah memadai dan juga tidaklah terlalu npadat bagi si Lobster nantinya.

Kalau kalian ingin ikuti menurut teknis sendiri ialah dengan cara pemakaian Suhu air yang idealnya sekitar 24 sampai 30 Derajat Celcius. Walau kita tahu benar, Lobster ini sendiri masih bisa untuk hidup bertahan dan juga berkembang pada lingkungan yang memang kisarannya suhu tersebut dari 2 – 30 derajat celcius. Dan mengenai tingkatan keasamannya sendiri memiliki batas ph dari 7 atau 9 nan. Dengan adanya kadar amonianya ini maks 1ppm dengan diisi oleh kandungan oksigen dalam airnya minim 4ppm.

~ Pemilihan Benar Pada Calon Indukan Dari Lobster

Setelah kalian mempersiapkan yang namanya kolam utamanya, maka kalian juga harus bisa menyiapkan pada pemilihan dari Calon Indukan dari si Lobster. Dengan cara :

  • Disarankan membeli calon indukan ini di tempat penangkaran yang memang sudah tersertifikasikan atau kalian mencari dengan mengandalkan kualitas dari si lobster tersebut.
  • Memilih calon indukannya dengan ukuran 4inc atau 10 cm yang sekiranya memiliki umur 5 hingga 6 bulan. Dan saat ini pun Lobster sudah masuk pada masa kawin. Sehingga nantinya mampu untuk menghasilkan kurang lebihnya anakan yang memiliki jumlah cukup banyak.
  • Mncari indukan yang memang cepat dalam pertumbuhan yang diantara lobster lainnya.
  • Cari juga lobster yang besar atau gemuk dengan memiliki ciri seperti badannya itu berisi serta ideal. Kalau bisa, kalian hidanri tuh pemilihan dari indukan yang memiliki ukuran kepala besar namun untuk ukuran tubuhnya kecil serta ekornya pun ikut kecil. Hal ini dikarenakan, lobsternya kurang mendapatkan pakan yang bagus.
  • Memperhatikan juga adanya sebuah jenis kelamin. Terlebih lagi kalian bisa hindari nih sama yang namanya Lobster dengan kelamin ganda layaknya bences. Dikarenakan, indukan ini harusnya terlihat jelas apakah jantan atau betina. Jika kalian menemukan lobster dengan memiliki kelamin yang ganda. Maka, kemungkinan besar lobster tersebut dapat untuk melakuka n proses peneluran. ( yaiyalah, bences mana bisa coba bbertelur dan melahirkan. Kalau bences semacam manusia ini si seringannya neggas ya hehehe ).

Untuk artikel nya sampai disini dulu guys. Jika kalian minat maka kalian bisa nih melakukan pembudidayaan selengkapnya dengan melihat cara pembudidayaannya sampai pada pakan yang nantinya di makan oleh si Lobster Air Tawar ini di artikel selanjutnya ya guys. Jadi, jangan sampai kalian lewatkan terusan dari pembudidayaan hewan Lobster air tawar ini yah.